Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar 2016

Dalam urusan mencari pekerjaan memang tidaklah mudah di jaman seperti sekarang ini, apalagi kita mesti mempunyai keahlian dan harus menyiapkan beberapa berkas yang harus ada. Seperti halnya Surat Lamaran Kerja. Kali ini Lowongan Kerja Go Lets Do ID akan berbagi Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar. Ada beberapa point penting yang akan saya coba sampaikan kepada kalian dalam ulasan kali ini.

Memang tidak sulit dalam membuat surat lamaran kerja, tapi yang penting adalah membuat kesan yang baik kepada orang yang membacanya nanti. Agar mempunyai nilai lebih dan kesan yang baik. Semakin baik surat lamaran kerja yang kita buat akan membuat peluang makin baik juga bagi kita agar dapat diterima bekerja dalam suatu perusahaan tersebut.

Yang perlu kalian ketahui terlebih dahulu sebelum membuat surat lamaran kerja adalah isi dari tiap-tiap bagian serta penulis huruf yang benar dan tanda dalam penulisan surat lamaran kerja tersebut. Berikut langsung saja akan saya jelaskan dari tiap-tiap bagian tersebut. Mari kita simak bersama-sama.

Berikut saya sertakan juga gambar contoh surat lamaran kerja yang saya buat dengan tulisan tangan sendiri.
http://lowongankerjagoletsdoit.blogspot.com/2016/11/surat-lamaran-kerja-yang-baik.html
Surat Lamaran Kerja

Paragraf Pembuka

Seperti surat pada umumnya, pada bagian paragraf pembuka surat lamaran kerja juga terdiri dari alamat yang dituju, kata sambutan dan salam kata pengantar. Usahakan penulisan di bagian ini perhatikan baik-baik penulisan huruf besar dan huruf kecilnya, karena biasanya pihak terkait yang menerima lamaran kerja akan melihat tingkat ketelitiannya di bagian ini. Seperti di bawah ini;

Contoh penulisan surat lamaran kerja yang salah :

kepada yth.
personlia hrd
PT. Suka Mundur TBK.
Di Tempat.

Seharusnya :

Kepada Yth,
Personalia HRD
PT. Suka Mundur Tbk.
di Tempat

Maka saya ingatkan lagi pada kalian, perhatikan baik-baik untuk penulisan huruf besar dan kecilnya serta tanda baca yang dipakai. Biasanya para calon tenaga kerja melakukan banyak kesalahan pada penulisannya di bagian ini.

Paragraf Isi

Nah, kalau di paragraf isi surat lamaran kerja sebaiknya kita sampaikan seperlunya saja, tidak perlu yang berlebihan. Paragraf isi bertujuan untuk menyampaikan maksud serta tujuan Anda mengirim lamaran kerja tersebut dan sedikit penjelasan tentang data diri Anda dan berkas-berkas yang dilampirkan dalam melamar kerja yang kalian buat.

Paragraf Penutup 

Kalau Anda sudah paham, mari kita lanjutkan ke bagian penutup. Di bagian paragraf penutup buatlah sesimple mungkin dan jangan melebih-lebihkan. Karena hal seperti itu akan membuat pihak terkait penerima surat lamaran kerja tersebut berfikir lain. Contoh;

"Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya sampaikan kepada Anda, sangat besar sekali harapan dan keinginan saya agar Bapak / Ibu senantiasa dapat mempertimbangkannya dengan sebaik mungkin.
Atas perhatiannya dari Bapak / Ibu, saya ucapkan banyak terima kasih." 

Perbaikan :

"Demikian permohonan ini saya sampaikan, besar harapan saya semoga Bapak / Ibu senantiasa dapat mempertimbangkannya.
Atas perhatian Bapak / Ibu, saya ucapkan terima kasih"

Demikian penjelasan dari saya tentang Contoh Surat Lamaran Kerja yang baik dan benar sesuai dengan EYD yang biasa dipakai dalam surat resmi pada umumnya. Semoga dapat bermanfaat bagi kalian yang sedang mencari atau mau membuat lamaran kerja.

Share This Post :

FacebookGoogle+Twitter

0 Response to "Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar 2016 "